Minggu, 28 September 2014

PEMBELAJARAN SAIN PADA ANAK USIA DINI "Balon Ajaib"


A.   Balon Ajaib
1.    Maksud Balon Ajaib
Selama ini anak mengetahui cara untuk menggelembungkan balon adalah pertama, dengan cara meniup dengan keras menggunakan mulut sehingga balon dapat mengelembung. Kedua, dengan memompa balon sekuat tenaga sehingga balon dapat mengelembung.
Balon ajaib disini cara mengelembungkannya tidak menggunakan mulut dan pompa, akan tetapi balon mengelembung dari reaksi kimia, yaitu pencampuran soda kue, citrun dan air. Sehingga penulis katakan sebagia balon ajaib, sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian anak didik dan juga supaya anak-anak bisa bermain
2.    Bahan
Bahan yang digunakan dalam bereksperimen pada pembuatan balon ajaib ini sebagai berikut :
a.    Soda kue ½ bungkus
b.    Sitrun ½ bungkus
c.    Air ½ botol
3.    Alat
Alat yang digunakan dalam bereksperimen pada pembuatan balon ajaib ini sebagai berikut :
a.    1 botol kosong
b.    1 balon
c.    2 corong

B.   Cara Membuat Balon Ajaib
Ambil balon kemudian masukkan soda kue dan citrun ke dalam balon menggunakan corong. Lalu masukna air ke dalam botol kemudian balon yang sudah dimasuki soda dan citrun tadi tutupkan ke mulut botol, tapi tahanlah soda dan citrun agar tidak tumpah dulu ke air dalam botol, setelah balon rapat menutupi mulut botol baru campurkan soda kue (Na HCO3) dan citrun atau asam sitrat (C6H8O7) kedalam air dalam botol hingga mengeluarkan gelembung-gelembung udara (buih) di dalam botol. Balon yang semula kempes akan mengelembung, hal ini terjadi karena balon terisi oleh gas (CO2) yang dihasilkan dari reaksi bahan-bahan tersebut.
Namun pada anak yang lebih ditekan pada pengamatan balon bisa melembung dan botol terasa dingin bila dipegang. Untuk hal mengapa terjadi pengembunan tidak usah kita jelaskan jika anak tidak menanyakan, biarlah sesuatu pemikiran muncul dari anak sendiri sehingga kita tidak memaksakan anak untuk hadirnya penjelasan-penjelasan yang menyulitkan bagi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar